Home » Tips » Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api Online
Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api Online

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api Online

Terakhir diperbarui pada 25 Agustus, 2021

Cara menjadi agen tiket kereta api – Halo sobat mymadina.com, Apa kabar? Pada tulisan kali ini kami akan mencoba untuk mengulas tips mendirikan agen usaha tiket online, khususnya tiket kereta api online.

Sebagaimana kita ketahui, saat ini tiket transportasi entah itu transportasi darat, laut dan udara semuanya tersedia melalui online. Tidak terkecuali tiket kereta api. Bahkan pembelian tiket kereta api di stasiun-stasiun pun saat ini sangat jarang terjadi. Masyarakat telah beralih ke marketplace atau online travel agent yang menjual tiket-tiket secara online. Selain lebih praktis, tentu juga lebih hemat waktu.

Fenomena ini tentu membuat peluang bagi kamu yang ingin menjadi agen tiket kereta api. Mau tau bagaimana caranya? Yuk, simak caranya berikut ini.

Persyaratan Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Sebelum memulai bekerjasama dengan provider booking tiket kereta api, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Layaknya jika ingin bekerjasama dengan pihak kedua atau ketiga ketika memulai kerjasama. Syarat untuk menjadi agen tiket kereta api adalah sebagai berikut :

Persyaratan Administrasi

Persyaratan ini termasuk antaranya adalah KTP pemilik usaha, ataupun KTP penanggung jawab usaha, Surat Izin Usaha, Tanda Daftar Perusahaan dan ijin-ijin lainnya, tergantung dari kebijakan pihak provider pemilik sistem booking.

Ketentuan Deposit

Syarat deposit ini adalah kewajiban kamu untuk mengisi / top up saldo yang ada pada dalam member area atau sistem booking. Besarnya bervariasi antar provider. Rata-rata adalah sebesar Rp. 500.000,- s/d Rp. 1.000.000,-. Deposit ini akan terpotong otomatis jika kamu melakukan transaksi penjualan tiket.

Sarana dan Prasarana

Syarat selanjutnya yaitu kesiapan sarana dan prasarana pendukung penjualan tiket kereta api. Termasuk antaranya adalah tempat usaha, komputer , printer, akses internet dan lain sebagainya.

Modal Untuk Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Modal Untuk Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Setelah mengetahui semua persyaratan, kini saatnya kamu menghitung anggaran keperluan modal untuk memulai usaha agen tiket kereta api ini. Kami sarankan agar kamu setidaknya memiliki modal minimum Rp. 10.000.000,- s/d Rp. 20.000.000,- agar bisa nyaman dalam melakukan kegiatan penjualan.

Bagaimana jika modal kamu tipis? Jangan khawatir , Kami akan berikan tipsnya berikut ini. Yuk, lanjutkan membacanya.

Simak juga : 
Cara memulai bisnis travel
Cara membuat travel agent sendiri 

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Setelah memahami persyaratan dan besaran keperluan modal , kini saatnya kamu memulai bisnis agen tiket kereta api. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Mendaftar dan Pengajuan Persyaratan

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah segera mendaftar kepada provider tiket, dalam hal ini adalah PT KAI. Jangan lupa untuk membawa berkas-berkas persyaratan yang telah kamu siapkan sebelumnya.

2. Pengecekan Administrasi

Setelah berkas administrasi Anda serahkan, pihak PT KAI akan melakukan pemeriksaan berkas tersebut. Mereka kemudian akan melakukan verifikasi serta uji kelayakan kamu sebagai mitra agen. Jika kamu memenuhi syarat maka proses akan berlanjut ke tahap berikutnya.

3. Survey Tempat Usaha

Jika kamu sudah pada tahap ini, berarti kamu sudah lolos tahap seleksi dan verifikasi administrasi. Pihak KAI akan mengecek lokasi tempat usaha agen tiket kamu. Apakah lokasi dan tempat usaha kamu memenuhi syarat atau tidak.

4. Kontrak Kerjasama

Setelah kamu lolos survey tempat usaha, pihak KAI biasanya akan meminta kamu untuk datang ke kantor dalam rangka tanda tangan kontrak perjanjian kerjasama. Persiapkan juga KTP dan berkas-berkas pendukung yang sebelumnya telah diberitahukan oleh tim survey.

5. Training dan Pelatihan

Setelah resmi menjadi agen PT KAI, kamu akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan untuk mengoperasikan software booking tiket kereta api online.

Ikuti dengan seksama dan serius semua penjelasan oleh instruktur atau pembimbing kamu. Kamu akan menerima software booking tiket yang bisa kamu operasikan 24 jam sehari.

6. Mulai Berpromosi

Jika sudah mahir dan sudah cukup mengerti, saatnya kamu berpromosi dan mulai memasarkan tiket kereta api. Kamu bisa melakukan promosi melalui offline maupun online. Promosi offline seperti membagikan kartu nama atau brosur, memberitahukan kepada teman atau relasi, memasang spanduk, banner dan alat-alat promosi lainnya. Sedangkan untuk promosi online kamu bisa menggunakan medsos seperti whatsapp ataupun facebook, Instagram dan lainnya.

7. Evaluasi Kinerja

Setelah melakukan promosi lakukanlah evaluasi terhadap perkembangan bisnis agen tiket kereta api kamu. Bagaimana kinerja penjualannya. Apakah masih stagnan atau mulai berkembang. Kemudian evaluasi juga cara berpromosi kamu, apakah sudah benar dan sudah mendatangkan pelanggan baru secara kontinu. Lakukan evaluasi ini secara berkala, misalnya 1 atau 2 bulan sekali agar bisnis kamu berkembang.

Komisi Agen Tiket Kereta Api

Mungkin kamu mempunyai pertanyaan, berapa sebenarnya komisi yang diberikan oleh PT KAI kepada mitra agennya.

Komisi agen bervariasi tergantung tujuan dan kelas tiketnya ( ekonomi , bisnis atau eksekutif ). Namun secara garis besar komisi agen adalah sebesar Rp. 3000,- s/d Rp. 5000,- per kode booking.

Jika kita asumsikan dalam 1 hari kamu bisa menjual 20 kode booking / tiket saja, maka keuntungan kamu dalam 1 hari adalah sebesar 20 x Rp. 5000,- yaitu Rp. 100.000,- . Dalam 1 bulan keuntungan kamu adalah sebesar Rp. 3.000.000,-

Semakin gencar kamu berpromosi dan semakin loyal pelanggan kepada kamu, maka keuntungan tentunya juga akan semakin meningkat.

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api Modal Minim

Jika kamu terkendala dengan modal yang minim, tidak perlu khawatir. Berikut kami berikan tips dan trik agar kamu tetap bisa menjadi agen tiket kereta api.

1. Pilihan Lokasi

Jika kamu terkendala modal untuk membeli atau menyewa lokasi ditempat strategis, pilihlah lokasi yang tidak terlalu ramai namun juga tidak terlalu sepi. Lokasi yang strategis dan ramai bisa dipastikan harga sewanya pasti mahal.

Berbeda dengan lokasi yang sedang-sedang saja keramaiannya. Harga sewa pada lokasi ini pasti lebih murah.

2. Gunakan Peralatan Bekas

Kamu tidak perlu harus membeli baru peralatan seperti komputer, printer meja, kursi dan perkakas lainnya. Kamu bisa membeli komputer dan printer second. Karena spesifikasi untuk booking tiket kereta api online tidaklah harus spesifikasi yang tinggi. Yang penting bisa membuka aplikasi Office, akses internet serta mencetak.

Harga beli dari peralatan second tersebut bisa mencapai setengah dari harga barunya. Lumayan kan?

3. Menjadi Agen Selain KAI

Jika sebelumnya kamu harus menghubungi pihak KAI, dengan menjadi partner provider booking tiket lain kamu akan terbebas dari proses administrasi yang panjang dan terkadang menyita waktu.

Biaya untuk bermitra atau menjadi agen dari provider tersebut juga terbilang sangat murah, dikisaran Rp. 500.000,- s/d Rp. 3.000.000,- (tergantung level kemitraan).

Salah satu provider sistem booking tiket online tersebut adalah Madina Tour and Travel. Madina Tour menggunakan sistem reservasi online yang bernama SRO ( sistem Reservasi Online ).

Sistem ini merupakan sebuah aplikasi berbasis website yg memproses seluruhnya transaksi dgn enteng dan serba automatic. Seluruh proses mulai dari mencari booking sampai issued ticket dapat kamu lakukan dengan sangat mudah.

Sistem SRO ini dikembangkan oleh tim IT professional, sehingga keamanan transaksi dan data terjamin.

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api di Madina Tour

Sebelum memutuskan untuk menjadi agen dari Madina Tour, berikut adalah kelebihan-kelebihan yang ada di Madina Tour :

Sistem untuk semua transaksi
Selain tiket kereta api, sistem reservasi Madina Tour juga bisa untuk tiket pesawat, voucher hotel, kapal Pelni, rental mobil dan antar jemput bandara, Bis Pariwisata, serta ekspedisi kurir logistik ( terintegrasi dengan kurir pengiriman nasional, seperti JNE, J&T, SiCepat dll)

Berpengalaman
Berpengetahuan kurang lebih 10 tahun Madina Tour dibackup oleh sdm yg mempunyai dedikasi tinggi. Madina Tour masih mempunyai infrastruktur bisnis yg matang.

Prosedur registrasi cepat
Tak perlu menunggu hingga berhari hari cukup dalam hitungan menit maka telah bisa jadi pembisnis travel.

Mudah digunakan
Sistem SRO ini didesain sedemikian rupa sehingga org gaptek pun sanggup mengoperasikannya. Menu yg gampang serta berbahasa Indonesia akan mempermudah kelangsungan bisnis travel kamu

Murah
Tarif yang tampil pada SRO adalah tarif resmi yang berasal maskapai maka harganya dapat lebih murah.

Komisi Terbesar
Kami yakin bahwa dgn sistem bagi hasil yang adil akan bisa menjaga kelanggengan bisnis agen kami.

Pelatihan Gratis
Hak bagi seluruh mitra untuk mendapatkan pengertian yg lengkap dan jelas. Selain training langsung, Kami pun memiliki tutorial yang lengkap.

Dukungan Teknis
Selagi masih menjadi mitra Madina Tour, Anda menerima layanan support system dari tim helpdesk yang handal dan profesional.

White label
Dengan bangga, kamu dapat memakai logo usaha travel kamu sendiri di sistem invoice/bukti pembayaran untuk customer setia kamu.

Selalu Online selama 24 jam
Sistem booking online kami atau yang dikenal dgn SRO ( Sistem Reservasi Online ) akan tetap daring setiap saat non-stop. Anda bisa pesan tiket kapanpun dan dimanapun.

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api Murah :

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api Modal Minim - Madina Tour

Pengen menjadi agen travel dengan mudah? hanya dengan mendaftar melalui kami dan tidak lebih dari 5 menit maka anda sudah menjadi wirausaha tour dan travel. Biaya pendaftarannya pun sangat murah, Hanya di bulan ini kami beri diskon khusus 80%. Dari harga semula 1.250.000,- kami potong jadi  297.000 saja.

Hanya jika anda daftar melalui link WA dibawah ini :