Home » Travel » Rekomendasi Tempat Wisata Di Semarang Terbaru
tempat wisata di semarang

Rekomendasi Tempat Wisata Di Semarang Terbaru

Terakhir diperbarui pada 9 Agustus, 2021

Kota Semarang terletak di Provinsi Jawa Tengah, dan sekaligus menjadi ibu kota untuk Provinsi Jawa Timur. Kota Semarang juga terbilang adalah salah satu kota yang masih istimewa karena bangunan bangunan tua yang ada di kota Semarang masih berdiri kokoh. Sebut saja untuk bangunan yang berada di daerah jalan Suprapto, anda bisa melihat bangunan/gedung bersejarah yang terlihat saangat jelas bentuk maupun arsitekturnya. Nah, selain itu kota Semarang juga menyajikan banyak Obyek Wisata disana, penasaran apa sajakah tempat tempat wisata yang ada disana. Oke, kali ini kami akan memberikan informasi bagi rekan rekan yang mungkin ingin melakukan liburan di kota Semarang.

Sejarah dari Kota Semarang

Sebelum jauh lebih dalam membahas Apa Sajakah tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya? Tak lengkap rasanya jika kita tak mengetahui sejarah dari Kota Semarang. Kota Semarang ini kurang lebih berdiri pada abad ke 8 M yang berada didaerah Pragota, akan tetapi untuk saat ini lebih dikenal dengan nama Bergota dan merupakan bagiann dari kerajaan Mataram. Dan pada akhir abad ke 15 M ada seorang pangeran yang bernama Made Pandan untuk menyebarkan agama Ilsam dari Pergota. Dan timbulnya nama Semarang sendiri seiring dengan berjalannya waktu daerah tersebut menjadi subur, maka dari itu berbagai tumbuhan dapat tumbuh diwilayah tersebut dan salah satunya pohon asam yang jarang arti dalam bahasa jawanya adalah Asem Arang, muncullah nama kota Semarang tersebut.

Tempat Wisata Di Semarang Yang Bisa Anda Kunjungi

wisata semarang

Kebun Tlogo yang terdapat di desa Tlogo yang berjarak lebih kurang 1 km dari jalur raya Semarang-Solo ini adalah lokasi perkebunan pohon kopi serta karet. Disini kita dapat lihat segera sistem pembuatan kopi serta karet dari mulai dipetik sampai pemrosesannya.

Monumen Palagan Ambarawa 

Bertempat di tepi jalur Semarang-Jogja, area ini adalah monumen yang dilengkapi museum dengan koleksi persenjataan kuno peninggalan masa penjajahan belanda.

Banaran 

Obyek wisata yang terdapat di areal perkebunan kopi kebun getas afdeling assinan. Di area ini sangat banyak sarana bermain untuk anak-anak ataupun dewasa berbentuk outbond sembari nikmati sejuknya hawa perkebunan kopi sekalian mencicipi harumnya kopi hangat di Banaran Coffee.

Rawa Permai 

Letaknya berada di jalur utama yang menghubungkan Semarang dan Solo, area ini mempunyai panorama yang indah. Rawa permai sendiri adalah wisata alam yang sejuk yang ada pas di pinggiran Rawapening. Di sini kita dapat menjajal bermacam aktivitas layaknya bersepeda, berenang serta uniknya lagi di area ini ada pasar kriya sebagai di antara pusat penjualan kerajinan.

Kuliner Yang Perlu di Coba di Kota Semarang

Bakmi Jowo Pak Gareng

Lebih dikenal dengan sebutan Mie Jowo, tidak lain jauh dengan bakmi-bakmi yang lain. Cuma saja mie pak gareng ini populer dikarenakan bumbu rahasianya dan langkah mengolahnya yang khusus jadikan banyak konsumen yang pingin kembali ke warung ini.

Nasi Goreng Babat Serta Babat Gongso Pak Taman

Barangkali melacak kuliner nasi goreng di waktu malam hari dapat amat mudah, tetapi bagaimana bila siang hari ? Hanya ada di warung pak Taman ini dikarenakan warung ini mulai buka lapaknya dari jam 7 pagi sampai sore jam 4. Lantas bikin penggila nasi goreng gak mesti nunggu malam hari untuk menikmatinya.

Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya

Taman Nasional Karimunjawa

Letaknya lebih kurang berada 120 km sebelah utara Semarang, Jateng. Merupakan satu di antara dari enam taman laut di Indonesia. Taman Nasional Laut di kepulauan Karimunjawa ini terdiri dari 27 pulau, luas lokasi taman mencakup 110, 117 ha, diantaranya hanya 4 pulau yang di huni (yakni Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Menjangan Besar, Serta Pulau Menjangan Kecil) dengan keseluruhan masyarakat cuma lebih kurang 10.000 jiwa yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Konon, dahulu kala awal mulanya yang menetap di Karimunjawa yaitu Sunan Nyamplungan (terlahir bernama Amir Hasan), yang merupakan putra dari Sunan Muria, di antara muslim (sunan) yang memperkenalkan agama Islam ke Jawa.

Bagi para pakar botani serta peneliti Karimunjawa merupakan area yang menarik dikarenakan kaya akan flora serta fauna yang unik. Walau area ini amat mempesona dikarenakan mempunyai pantai berpasir putih yang ditutupi oleh rimba hujan tropis tetapi pengembangan area pariwisata ini tetap amat terbatas karena letaknya yang terpencil.

Terdapat beberapa jenis ekosistem yakni : hutan bakau, padang lamun serta rumput laut, hutan pesisir, hutan hujan tropis serta terumbu karang. Keanekaragaman hayati yang luar biasa, diantaranya : Ada 44 type tanaman bakau, 9 type ganggang laut, 11 type rumput laut, 176 type karang serta 444 type ikan.

Akses ke Pulau Karimunjawa

Untuk menuju ke Karimunjawa anda memiliki 3 pilihan alternatif yakni dengan perahu dari pelabuhan Tanjung Emas di Semarang lebih kurang 4 jam, perahu cepat dari Jepara (2 jam) atau gunakan perahu dari pelabuhan Kartini di Jepara lebih kurang 6 jam. Penting untuk diketahui bahwasanya jadwal ketiga kapal tersebut dioperasikan hanya 2 x dalam 1 minggu.

Candi Gedung Songo

Tempat Wisata di Semarang lainnya adalah Gedung Songo, yang bermakna sembilan bangunan didalam bahasa Jawa, dibangun pada abad ke-8 serta 9 jauh sebelum saat Borobudur serta Prambanan. Candi songo dibangun pada saat yang sama juga dengan candi di Dieng tetapi dengan model yang tidak sama. Kuil ini terdapat disisi gunung unguran, 30 km sebelah selatan kota Semarang. Lima dari candi didalam situasi baik sesudah direnovasi besar-besaran pada 1980-an.

Candi Songo dibagi jadi tiga kompleks yang masing – masing berjarak 3 km. Yang sangat menarik dari Candi Songo yaitu panorama yang amat indah di kompleks paling akhir, pada ketinggian 1000 m sesudah anda melalui sumber belerang serta mata air panas. Dari sebelah selatan anda bisa lihat gunung Merbabu serta di belakangnya gunung Merapi dengan kabut yang membanggakan, namun di sebelah barat yaitu gunung Sumbing serta gunung Sundoro.

Candi Songo serta lokasi gunung Ungaran adalah tujuan akhir pekan yang popular untuk mereka yang tinggal di Semarang, terlebih pada hari minggu. Setiap harinya dibuka untuk umum mulai jam 6 pagi hingga jam jam 5 sore. Biaya masuk Rp 7.000 per orang.

Akses ke Candi Gedung Songo

Candi Songo ada lebih kurang 6 km sebelah timur dari kota Bandungan atau 30 km sebelah selatan dari Semarang. Dari Semarang anda dapat naik bus menuju Sumawono sedangkan untuk turun ke bawah bukit serta untuk ke atas bukit, anda dapat menggunakan ojek atau jalan kaki dengan jarak lebih kurang 3 km.

Lawang Sewu

Tempat wisata di semarang lainnya yakni Lawang Sewu. Lawang sewu merupakan salah satu di antara bangunan bersejarah yang menjadi tempat wisata yang menarik di Semarang. Sejarah berdirinya lawang sewu cukup panjang, pertama kali di bangun pada th 1904 pada waktu Belanda berkuasa, sempat juga dipakai sebagai penjara bawah tanah pada waktu Jepang berkuasa dan kantor pemerintahan setelah Indonesia merdeka. Lawang sewu didalam bhs jawa memiliki makna Lawang berarti pintu serta Sewu berarti seribu, lantas Lawang Sewu berarti seribu pintu. Lokasinya berada di sebelah timur Tugu Muda Semarang yang merukan sudut antara jalan Pemuda dan jalan Pandanaran.

Bentuk bangunan yang unik, sangat kental gaya arsitektur khas Belanda. Terdiri dari dua lantai serta mempunyai dua sayap bangunan yang membentang ke kanan serta kekiri. Bangunan ini dilengkapi dengan ballroom, gedung serbaguna, area makan sampai gedung pertunjukan. Pengunjung yang datang akan melewati lorong-lorong panjang dengan pintu serta jendela-jendela kayu pada bagian kanan-kirinya. Keindahan arsitekturnya juga pas untuk anda yang hoby photo, keperluan photo pre wedding atau sebatas narsis dan photo selfie saja.

Dibagian bawah bangunan ini terdapat area bawah tanah. Pada masa jepang dahulu area bawah tanah ini lah yang dipakai sebagai penjara tahanan belanda. Memasuki arena ini anda dapat dihadapkan dengan situasi mistik, bekas-bekas kekejaman tempo dulu tetap amat merasa. Situasi area bawah tanah yang yang gelap, dingin serta lembab dapat bikin bulu kuduk anda berdiri.

Lokasinya yang ada di dalam kota memudahkan Lawang Sewu untuk di kunjungi, bagi anda yang menggunakan transportasi pribadi dapat menuju arah Simpang Lima. Jika anda dari luar kota, dari stasiun anda dapat menggunakan angkutan umum dengan rute Tugu Muda, cukup bayar Rp 4.000.

Bandara Udara di Semarang

Bandar Udara Internasional Achmad Yani berada tidak jauh dari pusat kota, di Kabupaten Semarang barat dikenal sebagai Kalibanteng. Sarana bandara terhitung cukup komplit dengan beberapa toko suvenir, gerai makanan, bank, money changer, hotel serta kantor pemesanan perjalanan, angkutan taksi serta layanan sewa mobil. 

Menuju pusat Kota dari Bandara

Airport Achmad Yani berjarak 6 km ke barat dari pusat kota Semarang. Biaya taksi lebih kurang Rp 70.000, namun akan lebih murah jika arah kembali ke bandara menggunakan taksi, lebih kurang Rp 45.000.

Nah, mungkin anda tertarik untuk berlibur ke tempat – tempat wisata di semarang ini? So, anda bisa mengunjungi tempat tempat bersejarah yang ada dikota Semarang. Sampai disini dulu informasi yang bisa kami berikan untuk teman teman yang ingin mengetahui sejarah dan Obyek Wisata Di Semarang dan Sekitarnya. Mudah mudahan info ini bisa berguna untuk anda semua. Selamat berlibur!!.