Home » Tips » Cara Jadi Agen Tour And Travel
Cara Jadi Agen Tour And Travel - memulai bisnis travel

Cara Jadi Agen Tour And Travel

Terakhir diperbarui pada 19 Agustus, 2021

Cara jadi agen travelMemulai bisnis travel agen
Bisnis travel atau bisnis perjalanan wisata saat ini merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati. Meskipun dalam suasana pandemi, keinginan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan entah untuk berlibur ataupun urusan pekerjaan seolah harus segera terpenuhi.

Walaupun sempat menurun akibat efek wabah corona, akhir-akhir ini minat masyarakat untuk melakukan perjalanan kembali menguat. Terlebih lagi dengan semakin murahnya harga persyaratan tes antigen maupun tes PCR saat ini.

15 Cara Jadi Agen Tour And Travel Termudah & Terlengkap

Bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis travel, simak terlebih dahulu paparan dan tips untuk menjadi agen travel berikut ini :

Pilih Niche Atau Ceruk Bisnis Travel Kamu

Dunia tour dan travel sangatlah luas untuk dijalankan seorang diri. Tahap awal dalam membuat usaha travel agent kamu adalah menentukan ceruk pasar yang akan kamu garap.

Beberapa contoh niche dalam bisnis travel pariwisata yang bisa kamu garap adalah penjualan tiket, tour wisata domestik atau luar negeri, event , tour atau ziarah keagamaan, pengurusan passpor, visa dan dokumen lain, land arrangement dan transportasi baik mobil maupun bus.

Pemilihan niche ini penting agar pelayanan kamu kepada customer bisa maksimal. Karena bisnis travel ini sifatnya adalah service atau jasa, maka pelayanan yang prima wajib hukumnya.

Membuat Ijin Usaha

Setelah menentukan niche atau target segmen kamu, sebaiknya segera mengurus ijin-ijin usaha travel. Ijin-ijin ini penting dan sangat berguna nanti jika kamu serius ingin terjun dalam dunia bisnis tour dan travel pariwisata.

Ijin tersebut antara lain adalah akta pendirian CV atau PT, SIUP, TDP serta NPWP. Jika kamu masih terkendala dalam proses pembuatannya, minimal kamu mempunyai surat ijin keterangan usaha dari lurah atau kepala desa setempat. Kamu bisa menginduk ijin travel dengan cara menjadi agen atau sub agen dari perusahaan travel ternama.

Buat Profil Bisnis Travel Kamu

Setelah perijinan selesai, saatnya untuk membuat profil untuk usaha travel kamu. Buatlah profil semenarik mungkin, jika perlu kamu bisa menggunakan jasa desainer. Kamu bisa mencarinya secara online dengan banyak pilihan harga dan layanan

Lengkapi profil usaha travel dengan tulisan dan foto yang menarik serta profesional agar calon customer yakin dan percaya hingga akhirnya tertarik dan menjadi pelanggan.

Buat Brand Atau Nama Travel Yang Menarik

Untuk urusan brand atau nama usaha travel ini gampang-gampang susah. Karena kamu harus bisa menyesuaikan antara nama yang bagus, gampang diingat serta tidak bermasalah dengan paten.

Sebagai awal kamu bisa mencoba dengan nama destinasi tujuan populer, kemudian kamu gabungkan dengan kata lain yang menarik. Dan ingat, jangan terlalu panjang ketika membuat nama brand, karena akan susah untuk diingat.

Pilih Lokasi Target Usaha Travel Kamu

Seorang pemancing tentu akan mencari ikan pada kolam yang banyak ikannya bukan? Nah, begitu pula jika kamu sudah siap untuk memulai bisnis travel. Lokasi target usaha ini sangat bergantung dari niche yang telah kamu pilih pada tahap awal yang lalu.

Misalnya niche kamu adalah tour wisata exclusive ke luar negeri. Maka tentu kamu akan memilih lokasi dengan penduduk perkotaan dengan penghasilan menengah keatas. Misalnya kota Jakarta, Surabaya atau Bandung.

Pilih Lokasi Tempat Usaha Travel Kamu

Jika lokasi target segmen sudah kamu pilih, sekarang saatnya kamu menentuk lokasi untuk kegiatan bisnis travel kamu sehari-hari. Masih sebagai contoh niche yang kamu ambil adalah tour wisata exclusive luar negeri. Lokasi usaha kamu sebaiknya ada dalam kawasan perumahan elit menengah keatas. Atau setidaknya dekat dengan kawasan tersebut.

Untuk kota Jakarta misalnya di daerah Menteng, Kemang, Pondok Indah atau PIK di Jakarta utara.

Daftarkan Brand Travel Kamu

Daftarkan Brand Travel Kamu

Untuk jangka panjang, langkah ini sangatlah penting. Jangan sampai terjadi perselisihan dan sengketa masalah merek atau brand ketika usaha travel kamu sedang berada pada posisi puncak.

Jika sampai itu terjadi dan kemudian kamu kalah di pengadilan maka semua pencapaian bisnis kamu bisa terancam hilang begitu saja.

Kamu bisa mengurus registrasi merek usaha travel kamu di awal sambil tetap beraktifitas bisnis sebagaimana biasanya.

Buat Paket Wisata Yang Menarik

Jika niche travel yang kamu pilih adalah tur dan wisata perjalanan, maka segera buat paket-paket yang menarik. Menarik dari sisi destinasi, maupun menarik dari sisi harga.

Untuk tahap awal, jangan terlalu banyak mengambil keuntungan. Ambil keuntungan sewajarnya saja, yang penting ada untung dan bisa menutup operasional bisnis. Karena target kamu adalah untuk mendapatkan pelanggan yang sebanyak-banyaknya.

Pastikan pelayanan kamu juga prima. Mulai dari pelayanan waktu yang on time, pelayanan ketika onboard maupun ketika sudah kembali kelokasi awal.

Promosi

Darah dari setiap bisnis adalah penjualan. Dan penjualan tidak akan terjadi tanpa adanya promosi.

Rencanakan promosi kamu dengan sebaik-baiknya. Buatlah promosi untuk offline dan online.

Promosi offline berupa kartu nama, banner, spandul atau baliho yang menarik, promosi dari mulut kemulut atau bekerjasama disaat event-event tertentu.

Promosi online berupa promosi gratisan di medsos seperti Whatsapp, Facebook atau Instagram. Sedangkan untuk promosi online yang berbayar kamu bisa menggunakan facebook ads maupun google ads.

Jika kamu menggunakan promosi berbayar, jangan lupa untuk selalu mengukur kinerja iklan kamu agar tidak boncos nantinya.

Gunakan Word Of Mouth

word of mouth

Salah satu strategi promosi paling jitu yang jarang orang menggunakannya adalah word of mouth. Cara ini sudah lama ada dan sangat legendaris bahkan sampai banyak pebisnis lupa akan kehadirannya.

Pada intinya teknik promosi word of mouth adalah suatu cara untuk memberitahukan sesuatu baik itu informasi maupun produk kepada orang-orang dekat maupun orang-orang yang berada dalam satu circle.

Misalnya kamu sebagai agen travel baru, untuk mulai memasarkan produk-produk travel yang kamu punya, kamu bisa memulainya dengan strategi ini.

Mulailah untuk memberitahukan kepada orang-orang yang ada sekelilingmu. Seperti saudara, keluarga, sahabat, teman dan orang-orang yang sering berada 1 circle denganmu.

Teknik dan cara menjadi agen tour and travel ini mempunyai beberapa keuntungan, yaitu :

  • Mudah
    Kamu cukup memberitahukan produk-produk kamu yang ingin kamu jual
  • Murah
    Karena hanya bermodalkan mulut
  • Calon customer lebih percaya
    Calon customer yang notabene adalah orang-orang dekat kamu tentu akan lebih percaya kepada kamu jika daripada dengan orang yang tidak mereka kenal. Sehingga peluang untuk terjadinya penjualan akan semakin besar

Saat ini, dengan semakin meluasnya internet dan media sosial teknik ini banyak digunakan dengan menggunakan para selebritis maupun influencer yang berfolllower banyak.

Perluas Relasi dan Jaringan

Perluas Relasi dan Jaringan

Relasi merupakan hal penting didalam bisnis, termasuk juga didalam bisnis travel. Luangkan waktumu untuk bertandang ke supplier atau vendor baru. Selain vendor, jalinlah hubungan dengan sesama pelaku usaha travel, baik itu yang satu niche ataupun yang berbeda niche dengan kamu.

Keuntungan dari banyak relasi adalah menambah wawasan kamu juga bisa mendapatkan keuntungan, baik keuntungan secara materi maupun non materi.

Sebagai contoh. Misalnya kamu kedatangan calon customer yang ingin berwisata dalam negeri. Berhubung kamu niche kamu hanya melayani tur wisata keluar negeri, calon customer tadi bisa kamu referensikan ke relasi sesama pebisnis travel yang mempunyai paket tur wisata dalam negeri.

Jika calon customer tadi mengambil paket wisata dari rekan relasi yang kamu referensikan, maka biasanya kamu juga akan mendapatkan fee darinya. Besarannya tergantung kebijakan pemilik paket tur tersebut atau dari kesepakatan antara kamu dengannya.

Mulai Berbisnis Travel Secara Online

Dunia bisnis saat ini telah berubah secara cepat. Terlebih setelah adanya pandemi corona. Semuanya berlomba-lomba untuk berbisnis secara online. Tak terkecuali bisnis travel kamu juga, harus mulai untuk kamu onlinekan.

Langkah awal adalah dengan mempunyai website travel kamu sendiri. Website adalah ‘rumah’ bisnis kamu dalam dunia online. Perhatikan, bahwa tidak ada brand besar yang tidak mempunyai website. Jadi jangan buang-buang waktu dan segeralah membuatnya.

Jika kamu tidak bisa membuatnya sendiri, Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website dengan harga yang terjangkau.

Jangan lupa, untuk konsisten berpromosi di media sosial populer seperti FB, IG dan Twitter.

Kelola Keuangan Secara Teliti

Dalam awal-awal berbisnis, termasuk juga dalam berbisnis travel tentu akan banyak kamu temui rintangan dan kendala.

Kendala-kendala tersebut ada yang berpengaruh pada kondisi keuangan bisnis travel kamu, ada juga yang tidak.

Kendala yang mempengaruhi kondisi keuangan kamu yaitu jika kendala tersebut menimbulkan kerugian finansial. Misalnya, kamu telah menetapkan harga paket kemudian secara tiba-tiba harga tiket pesawat berubah naik karena faktor eksternal. Hal ini tentu saja akan berdampak pada harga perolehan paket wisata yang kamu tawarkan.

Oleh karena itu, aturlah keuangan kamu dengan ketat. Kemudian jangan lupa untuk anggarkan beberapa persen keuntungan dari harga jual untuk hal-hal yang tidak terduga.

Berikan Service Terbaik

Karena bisnis travel adalah bisnis jasa, maka sudah selayaknya konsumen kamu perlakukan seperti raja.

Hal-hal kecil berikut ini bisa menambah penilaian positif bisnis travel kamu :

  • Selalu tepati janji
    Bisnis adalah kepercayaan. Jika kamu sering ingkar janji, maka kepercayaan pelanggan terhadap kamu akan hilang
  • Selalu tepat waktu
    Dalam setiap paket wisata, pasti ada itinerary atau jadwal kegiatan yang akan dilakukan. Pastikan agar kamu selalu menepati waktunya
  • Senyum dan ramah
    Bagaimana reaksi pelanggan jika kamu atau staff kamu mukanya selalu cemberut? Tentu mereka akan menilai negatif bisnis travel kamu.

Pertahankan Hubungan Dengan Pelanggan

cara jadi agen tour and travel  - gunakan loyalty program

Proses untuk mendapatkan pelanggan pertama bisa dibilang tidak mudah. Kamu harus meyakinkan calon pelanggan agar mereka percaya sehingga akhirnya memutuskan untuk membeli paket wisata kamu.

Setelah kamu berhasil mendapatkan pelanggan, maka jalinlah selalu hubungan dengan mereka. Kamu bisa mengirimkan ucapan selamat ulang tahun ataupun hal-hal lain yang kelihatannya sepele tapi mempunyai arti yang mendalam dibenak mereka.

Cara lainnya adalah dengan mengadakan loyalty program. Berikan diskon tertentu untuk wisata atau trip mereka berikutnya.

Biaya untuk mempertahankan pelanggan lama ini sangat jauh lebih murah daripada biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. Jadi maksimalkan usaha kamu.

Cara Jadi Agen Tour and Travel di Madina Tour

Setelah membaca ulasan mengenai cara memulai bisnis travel diatas, Saatnya sekarang kamu untuk take action.

Jika kamu enggan atau terkendala masalah perijinan, atau jika kamu ingin segera memulai bisnis travel dengan modal yang minim, Kamu bisa langsung mendaftar agen travel di Madina Tour.

Cuma dengan Smartphone serta akses internet, anda mampu menjadi wirausahawan perwakilan ticket pesawat, Shuttle bus, kereta api, hotel, paket tur, umrah & haji, rental mobil serta PPOB

Seluruhnya Transaksi pada 1 Sistem
Sistem reservasi online kami dinamakan SRO ( system Reservasi Online ), yakni suatu aplikasi berbasis website yg menghandle seluruhnya transaksi dgn enteng dan serba automatic mulai proses pencarian booking hingga issued ticket semua bisa kamu lakukan dgn amat sangat mudah.

Sistem Reservasi Online buatan tenaga Informasi dan Teknologi professional, maka keamanan transaksi dan data kredibel kembali dapat menjadikan pengendalian yang lebih sigap disaat berlangsung kendala teknis.

Kelebihan Jadi Agen Travel Madina Travel

Kenapa memilih Madina Tour
Berpengetahuan selama lebih 10 th mymadina dibackup oleh sumber daya manusia yg mempunyai dedikasi tinggi. Madina Tour pun memiliki infrastruktur usaha yang matang.

Proses pendaftaran Cepat
Tak perlu tunggu sampai berhari hri cukup dlm hitungan menit kamu sudah bisa jadi pebisnis travel.

Gampang Dioperasikan
Sistem SRO kami rancang sedemikian rupa sehingga org gaptek pun dapat memakainya. Menu yang gampang dan dengan bahasa Indonesia dapat membantu kelangsungan business travel kamu

Biaya Murah
Biaya yang tampil pada SRO yaitu biaya legal yang berasal maskapai sehingga harganya bisa lebih murah.

Komisi Terbesar
Kami percaya bahwa dgn sistem bagi hasil yang adil akan dapat menjaga kelanggengan bisnis agen kami.

Kontrol usaha semuanya ada dalam genggaman kamu. Kamu boleh mematok target sendiri dgn layanan teknis dan sistem dari Madina Tour

Training Gratis
Hak bagi semua agent untuk menerima penjelasan yang baik dan lengkap. Selain training langsung, Madina Tour juga memiliki panduan yang komplit.

Suport Teknikal
Selagi masih jadi mitra Kami, kamu menerima bantuan support system dari tim support yang profesional dan handal.

White label
Kamu boleh dgn bangga menggunakan identitas usaha travel kepunyaan sendiri pada invoice atau nota pembayaran..

Online 24 jam
System booking online Madina Tour atau yang disebut dengan SRO ( Sistem Reservasi Online ) akan selalu daring 7 x 24 Jam non-stop. Kamu dapat berniaga kapan saja.

Cara Jadi Agen Tour And Travel termudah :

Brosur Cara Jadi Agen Tour And Travel

Nah, apabila kamu berminat jadi agen kami, pada saat ini kami memberikan promo hanya di bulan ini. Kami beri diskon pendaftaran agen baru senilai 80 %. Dari harga semula 1.250.000,– kami potongkan jadi 297.000 saja.

Segera daftar melalui link WA berikut ini :

>> DAFTAR DISINI <<