tempat wisata di aceh

6 Tempat Wisata di Aceh yang Bikin Takjub

Tempat wisata di Aceh cocok dijadikan destinasi wisata Anda dalam mengisi liburan, baik berlibur bersama keluarga atau pun kawan terdekat. Kota yang memiliki julukan “Serambi Mekah” yakni gelar yang penuh bernuansa keagamaan, keimanan dan ketaqwaan ini, meskipun sudah diterjang tsunami beberapa tahun lalu, dengan segenap keramahan dan keindahannya, Aceh masih banyak diminati para wisatawan.

Berbagai suguhan tempat wisata di aceh berikut ini tak jarang membuat pengunjungnya merasa takjub. Tahu tempat wisata apa saja? Yuk disimak

6 Tempat Wisata di Aceh 

Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata di aceh pertama ada Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini begitu bersejarah, Masjid Raya Baiturrahman merupakan saksi bisu kala Aceh diterjang tsunami yang amat dahsyat. Masjid yang tidak roboh sama sekali kala tsunami dahsyat menerjangnya beberapa tahun lalu. Menakjubkan bukan?

Sejak kejadian tersebut, masjid ini pun menyimpan sejarah yang tidak bisa dilupakan. Masjid yang sudah cukup tua ini, yakni yang berdiri tepatnya pada sejak tahun 1612 M ini, konon dibangun oleh Sultan Aceh yang bernama Sultan Iskandar Muda, dan hingga saat ini Masjid Baiturrahman menjadi ikonnya kota Aceh.

Tidak ada tiket masuk, bagi Anda yang ingin melakukan wisata religi di Aceh. Cukup patuhi aturan yang dibuat pengurus setempat, yakni menjaga menjaga kerapian dan kebersihan masjid sebagai upaya dalam menjaga kebersihan rumah Allah yang hendaknya tidak boleh dikotori.

Museum Tsunami

tempat wisata di aceh

Tempat wisata yang hanya bisa ditemukan di Aceh ini memiliki daya tarik tersendiri dalam menggaet wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjunginya. Museum Aceh dibangun dengan tujuan untuk mengenang kejadian tsunami yang pernah menimpa Aceh, yakni tsunami dahsyat 2004 lalu. Tsunami yang begitu memilukan dan menyedihkan ini memakan korban jiwa yang cukup banyak. Sehingga dibangunnya Museum Tsunami ini juga bertujuan sebagai bentuk penghormatan bagi setiap korban dari kejadian tersebut.

Museum Tsunami menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Aceh, banyak tersimpan makna mendalam dari berdirinya museum ini. Museum yang berlokasi di jalan Sultan Iskandar Muda ini memiliki 5 bangunan. Di antara bangunan tersebut yakni lorong tsunami, ruang kenangan, sumur doa, lorong cerobong, dan jembatan harapan. Museum yang didirikan sejak tahun 2009 lalu ini bisa dimasuki secara umum dari berbagai kalangan. Untuk memasukinya pun tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke museum penuh penghormatan ini?

Anda mungkin suka :

6 Danau di Jambi Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Taman Rimba Yang Cantiknya Kebangetan

 

Pantai Lhoknga

Selanjutnya tempat wisata unik di Aceh adalah Pantai Lhoknga. Jarak yang bisa ditempuh 20 kilometer dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memberikan nuansa alam yang begitu menarik dan memukau. Sebuah pemandangan pantai dengan hamparan airnya yang berwarna biru bercampur hijau toska sangat elok dilihatnya. Bersantai diri di pantai ini akan membuat pikiran lebih tenang, seolah di-refresh menjadi lebih bugar.

Tak hanya sekedar menghirup udaranya yang sejuk nan menyegarkan. Terdapat berbagai akktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Di antara kegiatan tersebut yaitu bersantai ria, berjemur, kegiatan voli pantai, bermain pasir, hingga berfoto ria pun tak bisa Anda lewatkan. Sungguh liburan yang menyenangkan.

Tak hanya itu, aktivitas menarik lainnya yang juga sangat seru di lakukan di Pantai Lhoknga adalah berselancar. Untuk Anda yang hobi banget berselancar, Anda bisa melakukannya di pantai di Aceh yang begitu ciamik satu ini. Ombaknya yang menawan dengan ketinggian 2 meter akan membuat selancar Anda tertantang tapi menyenangkan.

Kegiatan melihat sunset pun tidak bisa dilewatkan. Moment sunset-nya yang memukau wajib Anda saksikan dengan seksama ditemani kamera di tangan. Suasana moment matahari yang perlahan terbenam di Pantai Lhoknga ini begitu syahdu dan memanjakan mata. Sungguh pemandangan eksotis nan romantis.

Harga tiketnya pun terjangkau, tidak terlalu menguras isi dompet Anda. Mulai kisaran 3.000 rupiah, dan harga tiket bisa berubah kala hari-hari libur.

Benteng Indrapatra

Anda pecinta wisata sejarah? Benteng Indrapatra bisa jadi pilihannya. Tempat wisata sejarah ini berada di Desa Ladong, Kabupaten Aceh Besar. Konon, benteng ini merupakan pertahanan yang dibangun sejak zaman Kerajaan Lamuri yakni kerajaan Hindu pertama di Aceh.

Di tempat ini, Anda dapat mengenal sejarah lebih dalam mengenai kerajaan Hindu di Aceh. Selain itu, Anda juga dapat menemukan benteng Iskandar Muda yang tak jauh dari benteng ini. Terdapat dua buah sumur yang cukup unik, yakni diatapi kubah, serta benteng ini menghadap langsung ke Selat Malaka.

Ujung Nunang

Sebuah destinasi wisata unik yang disuguhkan Aceh lainnya yaitu Ujung Nunang. Objek wisata ini cukup masyhur. Dari lokasi ini, Anda dapat melihat hamparan pemandangan laut yang begitu memukau. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan fenomena sunset yang begitu eksotis, ditemani secangkir teh hangat khas Aceh.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini, berkemah, berfoto ria, hingga bertemu dengan monyet yang cukup jinak. Karena jinak, Anda juga bisa berfoto bareng monyet lho! Gimana tertarik?

Rumah Cut Nyak Dien

Siapa yang tak kenal Srikandi Indonesia asal Aceh ini. Untuk mengenangnya, Indonesia mendirikan Rumah Cut Nyak Dien yang berada di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Meskipun rumah ini hanyalah sebuah replika, tapi tetap saja menarik perhatian banyak pengunjung. Karena, rumah asli sang srikandi telah hangus karena dibakar pihak Belanda kala zaman penjajahan dulu.

Keberadaan Rumah Cut Nyak Dien ini tentu sebagai tempat bagi seluruh rakyat Indonesia yang ingin senantiasa mengenang beliau, sang pahlawan Indonesia yang patut dikenang

Itulah Tempat Wisata  di Aceh yang bisa Anda pilih. Bagaimana? Sudah menentukan destinasi mana yang akan mengisi liburan Anda? Kalau sudah, yuk siapkan fisik dan pesak-nya!

Happy travelling

bisnis travel