Home » Travel » Wisata Gunung Andong 1726 Mdpl, Pemikat Hati Wisatawan
wisata gunung andong

Wisata Gunung Andong 1726 Mdpl, Pemikat Hati Wisatawan

gunung andong

Wisata Gunung Andong 1726 Mdpl, Pemikat Hati Wisatawan – Gunung andong adalah sebuah bukit yang ketinggiannya mencapai 1726 MDPL. Lokasinya berada di kabupaten Magelang, Jawa tengah. Hanya butuh waktu sekitar 2 jam dari kota Semarang untuk berada di kawasan Andong ini.

Bukit yang sering disebut gunung ini sering sekali menjadi incaran para wisatawan khususnya para pendaki pemula, salah satu incaran mereka adalah puncaknya, jika mendengar kata puncak pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah kata melelahkan bukan? Hal itu adalah salah, karena perjuangan mencapai puncak bukit ini tak sesulit mencapai puncak gunung-gunung besar lainya, Anda hanya butuh waktu 1-2 jam untuk menapak di puncak Andong ini.

Gunung Andong ramai pengunjung ketika weekend, seperti hari sabtu/minggu, hari libur nasional dan salah satu paling ramai adalah liburan akhir tahun, mungkin jika Anda bingung dimana tempat yang cocok berlibur di akhir tahun, maka Gunung Andong ini bisa Anda jadikan pilihan untuk menambah pengalaman tak terlupakan.

Gunung Andong 1726 Mdpl ini juga tempat yang cocok bagi pecinta traveling tetapi sedang krisis keuangan, karna jika Anda memilih liburan di tempat lain, anda butuh menghabiskan ratusan ribu tetapi di sini hanya perlu membayar sekitar Rp10.000 untuk tiket masuk dengan itu Anda sudah bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa.

Daya Tarik Gunung Andong 1726 di Magelang

  1. Perjalanan Pendakian yang sangat menyatu dengan alam

Jalur pendakian Gunung Andong memiliki tempat peristirahatan gratis yang sering disebut basecamp. Basecammp yang akan Anda jumpai ada 2 yakni, basecamp sawit dan gogik keduanya sama-sama ditempuh 1-2 jam, juga keduanya merupakan jalur pendakian yang sangat berkesan. Salah satu kesanya adalah walaupun Andong adalah bukit kecil tapi jalur khas pendakiannya hampir sama dengan gunung-gunung Jawa tengah pada umumnya, setiap perjalanan akan didapati pohon-pohon besar seperti jati, pinus, juga rumput-rumput liar, dan tanah coklat khas pegunungan yang sedikit licin.

  1. Sambutan sunset menjelang malam yang memukau

Sunset merupakan peristiwa tenggelamnya matahari, detik-detik matahari terbenam ini sangat indah dan biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk berfoto ria. Salah satu tempat yang tepat menunggu dan berselfie dengan sunset adalah ketinggian, puncak Gunung Andong pun menyajikan sunset yang indah untuk diajak berfoto, yang biasanya hanya biasa-biasa saja kini bisa menjadi berkesan karna hadirnya sunset yang nampak jelas di depan mata Anda.

  1. Terlihat pemandangan 5 Gunung besar Jawa tengah

Salah satu yang membedakan bukit andong dengan bukit lainya adalah pemandangan yang sangat menakjubkan, di bukit kecil yang hanya setinggi 1726 MDPL ini anda bisa melihat 5 gunung berapi di Jawa tengah yaitu gunung Merapi, Merbabu, Slamet, Sindoro dan Sumbing tak hanya itu Anda juga akan menyaksikan awan berjalan di depan mata bahkan awan terasa mengelilingi tubuh hingga Anda akan menyaksikannya seperti lautan awan.

  1. Oleh-oleh khas gunung berupa salam

Jika Anda berkunjung ke tempat liburan pasti anda bingung akan membeli apa yang pantas untuk teman atau saudara di rumah bukan? Jika Anda berkunjung ke Andong tidak perlu lagi membeli barang-barang yang menghabiskan isi dompet, Anda hanya perlu menyiapkan kertas dan bolpen tetapi juga bisa menggunakan gadget, caranya adalah menuliskan salam-salam seperti “ hai kapan kesini bareng” atau “ hai dapet salam dari Gunung Andong” dan lain sebagianya. Simple bukan? Walau simple hal ini sangat menyenangkan bagi sanak saudara di rumah karna menunjukan Anda tidak lupa dengan mereka ketika sedang bersenang senang juga alternatif oleh-oleh bagi Anda yang sedang dilanda kantong kering. Mantap jiwa bukan?

  1. Bisa merasakan bermalaman di atas puncak

Jika ingin bermalaman di tempat lain mungkin anda harus menginap dengan menyewa kamar hotel dan membayar ratusan ribu hanya utuk satu malam tetapi di Andong kamu bisa bermalam-malaman tanpa harus membayar yaitu dengan membawa tenda sendiri dari rumah apalagi di ata puncaknya sudah tersedia Ac alam atau udara dingin pegunungan yang lebih sehat dari Ac pada umumnya.

  1. Sumber air dan warung di puncak

Saat mendaki puncak Andong yang bersebrangan dengan Gunung Merbabu ini, Anda tidak perlu khawatir akan keperluan konsumsi. Kebutuhan logistik dan air bukanlah hal yang menjadi masalah di puncak Andong. Bagaimana tidak? Anda akan menjumpai beberapa warung di area puncaknya, selain itu sumber air pun sangat mudah diambil karena sudah dialiri melalui pipa-pipa. Summber air tersebut memang diperuntukkan khusus untuk siapa saja yang mendaki puncak Andong.

Anda mungkin suka :

Wisata Cirebon Situ Sedong 

Wisata Taman Rimba Jambi Yang Cantiknya Kebangetan

Pesona Derawan Yang Tak Terbantahkan

Lokasi Gunung Andong

Gunung yang tidak memiliki aktivitas vulkanik ini, tepatnya berlokasi di Desa Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang

Tips Wisata ke Gunung Andong

  • Buang sampah pada tempatnya. Kebersihan merupakan aspek utama di semua tempat wisata tak terkecuali Gunung Andong. Pastikan Anda ikut menjaga kebersihan dan keelokan alamnya.

  • Jika ingin leluasa menikmati panorama di Gunung Andong, sebaiknya berkunjung saat haria biasa (weekday).

  • Jika Anda memutuskan bermalam di puncak Andong, sebaiknya bawalah pakaian hangat. Udara di sana sangat dingin tepatnya jika malam hari sensasi dinginya begitu meresap, apalagi Anda berasal dari kota yang terbiasa dengan suasana panasnya terik matahari. Mmembawa SB (sleeping bag) sangat disarankan.

  • Siapkan kamera terbaik Anda. Tak apalah tanpa SLR, kamera di smartphone Anda pun jadi. Tidaklah sulit mendapatkan foto keren dari atas puncak Andong.

Itulah pengalaman yang tak terlupakan jika Anda berkunjung ke Gunung Andong 1726 mdpl, pemikat hati wisatawan. Jangan tunggu apa-apa lagi segara ajak kawan-kawan Anda untuk membuktikan sendiri keindahan gunung yang menjulang tinggi di langit-langit kota magelang ini.

Happy travelling!