Perbedaan Banjarmasin dan Banjarbaru

Perbedaan Banjarmasin dan Banjarbaru

Apakah Anda mencari kehidupan kota yang ramai dan penuh warna di Banjarmasin, dengan pasar terapungnya yang terkenal? Ataukah Anda lebih tertarik pada suasana kota yang lebih baru dan teratur di Banjarbaru?

Dari Banjarmasin, ‘Kota Seribu Sungai’ yang penuh dengan sejarah dan budaya, hingga Banjarbaru, dengan tata kota yang modern dan lingkungan yang lebih tenang, setiap kota menawarkan sesuatu yang berbeda.

Mari kita jelajahi lebih dalam apa yang membuat Banjarmasin dan Banjarbaru begitu berbeda, namun sama-sama menarik.

Apa saja Perbedaan Banjarmasin dan Banjarbaru?

Banjarmasin dan Banjarbaru, meskipun berada dalam satu provinsi yang sama, memiliki karakteristik yang berbeda dalam berbagai aspek.

AspekBanjarmasinBanjarbaru
Lokasi Geografis3°18′52″S 114°35′32″E3°27′ – 3°29′ LS, 114°45′ – 114°48′ BT
Objek WisataPasar Terapung Lok Baintan
Bukit Meratus
Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Patung Bekantan
Taman Hutan Raya Sultan Adam
Bekantan Park
Kampung Pelangi Banjarbaru
Rumah Pohon di Kecamatan Cempaka
Populasi672.343 (2021)265.575 (2022)
DemografisMayoritas Islam, suku BanjarMayoritas Islam, suku Banjar

Fakta Unik Banjarmasin

Banjarmasin, dikenal dengan pasar terapungnya, memiliki sejarah dan keunikan yang tak banyak diketahui. Misalnya, Banjarmasin pernah menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan (1945–1956) dan Provinsi Kalimantan Selatan (1956–2022) sebelum akhirnya digantikan oleh Banjarbaru​​.

Banjarmasin terkenal kota apa?

Banjarmasin dikenal sebagai “Kota Seribu Sungai” karena banyaknya sungai yang membelah wilayah ini. Julukan ini menggambarkan karakteristik geografis kota yang terletak di Kalimantan Selatan, dengan dua sungai besar, yaitu Sungai Barito dan Sungai Martapura, yang melewatinya.

Selain itu, Banjarmasin juga memiliki semboyan “Kayuh Baimbai,” yang berarti mendayung bersama-sama, menggambarkan semangat kolaborasi dan kerja sama di antara masyarakatnya.

Apa julukan Kalimantan Selatan?

Kalimantan Selatan dikenal dengan julukan “Banua Banjar”. Kata “banua” sering diartikan sebagai “negeri” atau “kabupaten” dalam bahasa Banjar, dan pada masa lalu, banua merujuk pada desa besar yang terdiri dari beberapa anak kampung, khususnya pada masa Kesultanan Banjar dan masa kolonial Hindia Belanda.

Fakta Unik Banjarbaru

Banjarbaru, kini ibu kota Kalimantan Selatan, memiliki sejarah yang menarik. Sebelum menjadi kota, Banjarbaru adalah daerah perbukitan di pinggiran Kota Martapura, dikenal sebagai Gunung Apam, yang menjadi lintasan penambang intan tradisional​​.

Banjarbaru itu kabupaten apa?

Banjarbaru bukanlah sebuah kabupaten, melainkan sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Kota Banjarbaru secara administratif merupakan sebuah kota otonom yang berbeda dengan kabupaten, memiliki pemerintahan kota tersendiri yang terpisah dari pemerintahan kabupaten. Banjarbaru berstatus sebagai kota administratif sebelum akhirnya menjadi kota otonom.

Kabupaten Banjar ibukotanya apa?

Ibukota Kabupaten Banjar adalah Martapura. Martapura terkenal sebagai pusat perdagangan dan pengolahan intan, serta kerajinan batik khas Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan nama Sasirangan.

Kesimpulan

Mengenal Banjarmasin dan Banjarbaru lebih dalam memberikan kita perspektif tentang keunikan masing-masing kota. Dengan latar belakang sejarah dan budaya yang berbeda, kedua kota ini menawarkan pengalaman yang berbeda pula.

Bagaimana menurut Anda, apakah perbedaan ini memperkaya keanekaragaman budaya di Kalimantan Selatan?