Home » Tips » Rahasia FB ADS Agar Iklan Tidak BONCOS – Trik Iklan Facebook Agar Penjualan Meroket

Rahasia FB ADS Agar Iklan Tidak BONCOS – Trik Iklan Facebook Agar Penjualan Meroket

MINDSET FB ADS / BERIKLAN DI FACEBOOK

Seringkali para pengiklan mengeluhkan iklan yang mereka jalankan di facebook tidak menguntungkan, bahkan cenderung merugi. Dilain kesempatan bahkan ada yang sudah mengikuti workshop atau pelatihan-pelatihan fb ads, namun masih juga belum menunjukan Return Of Investment yang memadai.

Sebelum kita memasuki materi yang lebih dalam, ada baiknya kita memahami dulu mindset dalam beriklan di Facebook.

Pada dasarnya, facebook adalah tempat bersosial didunia maya. Orang-orang berinteraksi melalui media sosial, berkomentar, memberikan reaksi atau bahkan cuma scroll newsfeed mencari hal-hal menarik untuk menghilangkan kebosanan. Coba perhatikan gambar berikut ini :

fb ads

pernahkah anda melakukannya? Saya yakin pasti sering ! Entah di stasiun, di bandara, di kampus atau bahkan di kamar mandi !

Facebook mempunyai data dari berbagai aktivitas kita di facebook, mulai dari klik, like, komen, share ataupun reaksi-reaksi lainnya, yang kemudian dikelompokkan sehingga membentuk suatu interest. Interest inilah yang sering dijadikan target para pengiklan ataupun para pebisnis online yang menggunakan fb ads sebagai sarana promosi.

Secara sederhana, ketika anda menyukai katakanlah halaman tentang karaoke, maka facebook ‘berpikir’ anda adalah termasuk didalam kategori interest karaoke.

interest karaoke fb ads

Jadi, ketika ada pengiklan yang menggunakan fb ads, kemudian mentargetkan interest karaoke sebagai salah satu interest pemirsanya, besar kemungkinan iklan tersebut akan muncul di beranda / newsfeed facebook anda. Tentu saja, ini contoh yang disederhanakan, karena iklan di fb ads juga tergantung dari bujet, demografi yang dipilih serta faktor teknis lainnya.

Kelemahan Interest Dalam FB ADS

Interest dalam mentarget pemirsa fb ads selain mempunyai kelebihan, juga mempunyai kelemahan. Kelebihannya adalah anda bisa mempromosikan produk-produk anda kepada pemirsa yang sesuai dengan minat mereka terhadap kategori produk yang anda iklankan.

Namun, ada 1 kekurangannya, dan ini hampir sebagian besar pengguna baru fb ads tidak atau belum mengetahuinya, yaitu interest ternyata terbagi menjadi 2. Broad Interest dan Precise Interest.

Broad Interest

Dari namanya sudah jelas bahwa interest ini mempunyai cakupan yang luas, dalam artian pemirsanya bisa sangat luas dan melebar dari target yang anda inginkan. Sebagai contoh, silahkan anda buka https://www.facebook.com/ads/preferences/edit/ , maka bisa saya pastikan anda akan terkejut melihat daftar preferensi yang telah dibuat oleh facebook.

Pada preferensi iklan di akun saya, facebook memasukkan nama “Zubin Meta” kedalam interest yang saya sukai.

Saya tidak tau siapa Zubin Mehta, karena penasaran akhirnya saya bertanya kepada google dan ini hasilnya :

“Zubin Mehta (born 29 April 1936) is an Indian conductor of Western classical music. He is the Music Director of the Israel Philharmonic Orchestra (IPO), with which he has conducted over three thousand concerts over five decades, including tours spanning most continents.”

Saya tidak tertarik dengan jenis musik orkestra, terlebih nama-nama pemandu musiknya.

Mengapa facebook memasukkan saya kedalam interest bernama Zubin Mehta? satu jawaban yang paling tepat adalah mungkin saya pernah mengklik atau pun melihat-lihat suatu halaman ataupun status orang lain yang berhubungan dengan Zubin Mehta. Jadi walaupun secara pribadi saya tidak tertarik dengan Zubin Mehta, tapi facebook “pikir” saya termasuk didalam golongan interest Zubin Mehta.

Bisa anda bayangkan, jika anda beriklan menggunakan fb ads  untuk menawarkan produk musik, katakanlah album melodi orkestra anda, kemudian anda memasukkan interest Zubin Mehta kedalam audience / pemirsa iklan Anda. Apa yang kira-kira akan terjadi dengan iklan Anda? Saya tebak kemungkinan besar iklan anda akan BONCOS..

Ya… Budget iklan facebook anda akan boncos tidak tepat sasaran. Uang anda akan terbuang sia-sia.  Bahasa teknisnya adalah iklan facebook anda tidak tertarget. Bagaimana caranya agar fb ads / iklan facebook anda tertarget? Salah satu caranya adalah dengan memilih precise interest.

Precise Interest

Dengan menggunakan precise interest iklan facebook anda akan lebih optimal, karena menjangkau pemirsa yang tepat. Sehingga budget pun tidak terbuang begitu saja. Toh, kalaupun belum terjadi sales, anda akan tetap mendapatkan data custom audience, entah itu dari orang-orang yg mengunjungi situs anda, orang-orang yang like dan komen di fanspage anda, ataupun orang-orang yang menonton video yang anda bagikan.

Bagaimana caranya mendapatkan precise interest?

Jika anda suka cara manual maka bukalah audience insight facebook.

https://www.facebook.com/ads/audience-insights

Kemudian pilihlah “everyone in facebook” . Anda akan dibawa ke halaman audience insight facebook. Pilihlah negara target, saya contohkan disini adalah Indonesia. Dan ketik interest yang ingin anda target. Misal disini saya ambil contoh Ebiet G Ade. Perhatikan yang dilingkaran merah berikut :

audience insight facebook

Jumlah audience / pemirsa interest Ebiet G Ade dengan lokasi negara Indonesia adalah sebesar 90.000 – 100.000 orang.

Klik tab Page Likes :

Dalam contoh interest Ebiet G Ade ini ternyata juga mempunyai Page / halaman Ebiet G Ade juga. Relevansinya juga berada di posisi pertama, yang menunjukkan bahwa Page Ebiet G Ade ini sangat relevan dengan interest Ebiet G Ade.

Ini merupakan pertanda bagus. Karena salah satu ciri interest itu precise adalah ia mempunyai halaman dengan nama yang sama serta relevance score di peringkat 1. Semakin besar angka relevansi menunjukkan semakin kurang relevan halaman tersebut dengan interest yang anda target.

Kemudian kita lihat jumlah audience dari halaman tersebut yang berjumlah sekitar 76.000 orang. Artinya apa? Arti dari angka 76.000 ini adalah, dari jumlah audience interest Ebiet G Ade yang berjumlah 90.000 – 100.000 orang diatas, sekitar 76.000 orang menyukai page / halaman Ebiet G Ade.

Kalau dihitung persentase maka 76.000 / 100.000 adalah sekitar 76%. Nilai ini sangat memadai untuk dianggap sebagai precise interest.

Silahkan anda mencoba dengan interest yang lain.

Trik lainnya agar iklan anda tidak boncos adalah dengan menggunakan custom audience. Custom audience sendiri terdiri dari bermacam-macam sumber yaitu :

  • Customer File seperti no telp atau email
  • Lalulintas orang yang mengunjungi situs anda
  • Engagement di halaman anda
  • Engagement pada video yang anda bagikan
  • Aplikasi yang anda buat

Dari semua sumber custom audience diatas, saya paling suka menggunakan lalulintas situs dan customer file yang berupa no telp atau email. Mengapa? karena orang-orang yang telah mengunjungi situs saya berarti paling tidak sudah terbangun awareness tentang brand ataupun produk yang saya jual. Kemudian dengan no telp dan email yang valid, tentu saja proses membuat custom audience menjadi semakin menyenangkan.

Darimana no telp dan email didapatkan? Bisa dengan cara menebar jaring berupa konten2 viral yang sesuai dengan niche produk yang akan anda jual. Tentu saja ini memerlukan budget extra, namun dengan memakai software tertentu, seperti software penggali harta karun ini proses mendapatkan customer file menjadi sangat mudah. Sehingga memperoleh audience tepat dalam waktu singkat yang siap untuk anda tawarkan produk-produk anda.

Iklan anda pun tidak akan boncos lagi !

Semoga bermanfaat.

UPDATE :

Dengan adanya update algoritma Facebook, maka software penggali database tersebut saat ini tidak bisa digunakan lagi. Terima kasih.