Home » Kesehatan » 11 Tips Jantung Sehat untuk Membantu Menjauhkan Anda Dari Dokter

11 Tips Jantung Sehat untuk Membantu Menjauhkan Anda Dari Dokter

Ada seorang pembunuh yang berkeliaran, diam-diam mengakhiri kehidupan ratusan ribu orang setiap tahun.

Mengerikan bukan? Meskipun Anda mungkin tidak akan pernah tahu persis apa yang ada di toko untuk Anda di akhir baris, secara statistik, hati Anda adalah yang paling mungkin untuk menjatuhkan Anda. Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu orang Amerika setiap tahun.

Tetapi tidak harus seperti itu— penyakit jantung sebagian besar dapat dicegah melalui pilihan gaya hidup sehat. Penting untuk diingat bahwa pilihan yang Anda buat dalam kehidupan sehari-hari memiliki konsekuensi langsung pada kesehatan Anda, terutama jantung Anda. Karena jantung Anda memiliki fungsi yang sangat penting, merawatnya menjadi semakin penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan Anda sendiri. Teruslah membaca untuk mempelajari beberapa tips jantung sehat yang direkomendasikan oleh para ahli dan American Heart Association.

11 Tips jantung sehat untuk dicoba hari ini

Aktiflah setiap minggu

Jantung yang sehat adalah jantung yang berolahraga. Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan jantung. American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga sedang atau 75 menit olahraga berat per minggu untuk kesehatan jantung yang baik. Baik Anda berjalan atau berlari, berolahraga atau berenang, pastikan Anda membangun menit aktif yang cukup dalam minggu Anda. Itu tidak harus menjadi pekerjaan rumah—temukan aktivitas fisik yang Anda sukai dan lakukan saja.

Nikmati lemak sehat, hindari yang tidak sehat

Lemak adalah lemak, kan? Tidak begitu cepat. Makanan sebenarnya mengandung lemak sehat dan lemak tidak sehat. Lemak baik dari sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Beberapa lemak, seperti lemak omega-3, bahkan dapat membantu otot jantung berdetak dengan ritme yang stabil.

“Fokus pada makanan seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Batasi lemak tambahan Anda juga, dengan memangkas saus, olesan, saus, dan makanan yang digoreng dari diet Anda kapan pun Anda bisa,” kata direktur pendidikan nutrisi Herbalife Susan Bowerman, MS, RD, CSSD, CSOWM dan FAND.

Keluar dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak

Bahkan jika Anda berolahraga, waktu duduk yang lama dapat merusak kesehatan jantung Anda. Aktivitas menetap dapat mencakup hal-hal seperti bekerja di depan komputer, menonton televisi atau membaca. Studi menunjukkan bahwa perilaku menetap dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan risiko kematian yang lebih tinggi secara keseluruhan dari penyebab apa pun.

Untuk menghindari periode menetap, aktiflah di waktu luang Anda. Bangun gerakan ke dalam aktivitas sehari-hari Anda dan sering-seringlah beristirahat untuk meregangkan kaki Anda jika Anda bekerja di meja.

“Rekomendasi jantung sehat kami, untuk pekerja berbasis meja, adalah berdiri setidaknya satu menit setiap setengah jam dan istirahat aktif secara fisik selama lima menit setiap jam. Studi menunjukkan ini akan sangat mengurangi risiko penyakit jantung,” kata Bridget Hill dari Yaypo Wellness & Fitness.

Jangan merokok dan hindari asap rokok

Merokok diketahui merusak kesehatan Anda, tetapi tahukah Anda bahwa itu juga buruk bagi jantung Anda? Studi menunjukkan merokok adalah penyebab utama penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Merokok menyebabkan penumpukan zat lemak di arteri, yang merupakan kontributor utama kematian akibat merokok. Asap rokok juga terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Menurunkan berat badan berlebih

Kelebihan berat badan adalah musuh bagi kesehatan jantung Anda — membawa serta banyak risiko kesehatan.

“Kelebihan berat badan memberi tekanan ekstra pada dinding arteri Anda dan memaksa jantung Anda bekerja lebih keras. Ini juga membuat Anda berisiko terkena penyakit lain, seperti aterosklerosis, yang dapat menyebabkan hipertensi, penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke,” kata Rebecca Lee, RN dan pendiri Remedies for Me.

Studi menunjukkan bahwa kelebihan berat badan di sekitar tengah menempatkan kesehatan jantung Anda pada risiko. Kelebihan lemak perut berkorelasi dengan tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih tinggi, dua risiko utama bagi kesehatan jantung Anda.

Hindari makan berlebihan melalui kontrol porsi

Diet Anda sangat berkontribusi pada kesehatan jantung Anda. Nutrisi yang Anda konsumsi dapat mendukung kesehatan jantung yang baik dari merusaknya. Mempertimbangkan bahwa makan berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat, risiko utama bagi kesehatan jantung, sehingga kontrol porsi dan pilihan yang sehat menjadi semakin penting.

Porsi menggelembung selama beberapa dekade terakhir dan orang dewasa sekarang mengonsumsi 300 kalori lebih banyak per hari daripada yang mereka lakukan pada tahun 1985. Porsi yang terlalu besar memudahkan untuk makan berlebihan tanpa disadari, jadi orang harus tetap waspada dalam berpegang pada ukuran porsi yang sehat.

Tangkap Tidur Anda

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan jantung Anda. Itu karena tidur nyenyak memungkinkan tubuh masuk ke periode penurunan tekanan darah dan detak jantung, jelas Chris Brantner, pendiri SleepZoo.

“Tidur adalah kunci kesehatan jantung yang sering diabaikan. Tanpa memandang usia, berat badan atau kebiasaan merokok, orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular,” kata Brantner.

Tidur adalah kebutuhan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, dan tidak cukup dapat menyakiti Anda lebih dari yang mungkin Anda sadari, terutama untuk jantung Anda.

“Tubuh pulih dengan memperbaiki dirinya sendiri dan mengisi kembali sumber bahan bakar dengan tidur,” kata Dr. Allison Brager, ahli saraf dan peneliti tidur di Utzy Naturals. “Salah satu studi perintis di bidang tidur meneliti risiko serangan jantung selama minggu waktu musim panas. Studi-studi ini telah menemukan bahwa melompat ke depan (berpotensi kehilangan tidur) terkait dengan peningkatan tingkat serangan jantung, dan tertinggal (berpotensi mendapatkan tidur) terkait dengan penurunan tingkat serangan jantung.

Seperti yang Anda lihat, tidur yang cukup bukanlah kemewahan untuk dinikmati di hari libur—itu adalah kebutuhan sehari-hari untuk kesehatan jantung Anda.

Makan makanan yang ramah kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang tinggi mengancam kesehatan jantung Anda. Batasi jumlah makanan yang mengandung lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kolesterol Anda. Ini termasuk mentega, lemak babi, daging berlemak dan produk susu penuh lemak. Sebaliknya, dukung diet Anda dengan makanan yang secara alami dapat menurunkan kolesterol Anda.

Isi piring Anda dengan makanan yang kaya serat larut, seperti kacang-kacangan, ubi jalar, beri, plum, brokoli, dan wortel, yang membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat, saran Bowerman.

Harmonisasikan kesehatan jantung Anda dengan musik

Anda mungkin sudah tahu bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda menghilangkan stres. Tapi tahukah Anda bahwa musik dengan tempo yang lebih lambat juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dan meningkatkan variabilitas detak jantung Anda?

“Musik secara tidak sadar mempengaruhi suasana hati kita. Jenis musik yang tepat dapat memiliki efek menenangkan yang positif dan telah terbukti menurunkan tekanan darah. Mendengarkan musik setidaknya selama 30 menit sehari dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan mengurangi kecemasan,” kata Lee.

Rawat gigimu

Jantung terikat pada banyak fungsi tubuh dan dapat dipengaruhi oleh banyak fungsi yang tampaknya tidak berhubungan. Anda mungkin terkejut mendengar bahwa kesehatan jantung Anda dapat terganggu oleh kebersihan gigi yang buruk.

Studi menunjukkan hubungan antara bakteri yang menyebabkan penyakit gusi dan peningkatan risiko penyakit jantung. Merawat gigi dan mencegah penyakit gusi juga mengurangi respons peradangan tubuh. Peradangan dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan zat dalam darah yang dapat memperburuk penyakit jantung. Jadi, pastikan untuk menyikat setidaknya dua kali sehari dan jangan lupa untuk menggunakan benang gigi.

Aromaterapi dapat menahan stres dan membantu jantung Anda

Penelitian menunjukkan bahwa efek stres bermanifestasi di seluruh tubuh, mempengaruhi tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini juga dapat mendorong kebiasaan koping yang tidak sehat, seperti minum dan merokok, yang selanjutnya dapat merusak jantung.

Mengelola stres dengan cara yang sehat dapat melindungi jantung Anda. Ambil, misalnya, aromaterapi.

“Lavender Perancis adalah wewangian populer yang banyak digunakan sebagai pelemas,” kata Lee. “Ramuan ini juga dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung Anda. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa aromaterapi dengan minyak esensial tertentu dapat menurunkan tekanan darah.