6 Usaha Yang Menguntungkan di Rumah

usaha yang menguntungkan

Memiliki usaha yang menguntungkan dan memberikan penghasilan yang jauh lebih besar daripada pekerjaan inti adalah keinginan dari setiap orang. Namun demikian, hal tersebut hanya akan terwujud apabila Anda memiliki keinginan yang kuat dan pola pikir terbuka. Berikut adalah beberapa peluang bisnis rumahan yang bisa dicoba.

Contoh Usaha Yang Menguntungkan Di Rumah

Bisnis kue kering

Bisnis kue kering memang bukan bisnis yang mudah dilakukan, ketika Anda tidak memiliki bakat memasak sedikitpun. Meski begitu, bisnis ini termasuk jenis usaha rumahan yang dijamin memberi keuntungan besar, saat Anda mampu menciptakan inovasi di bidang kuliner. Untuk mencoba bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan pertimbangkan, yaitu:

  1. Kesiapan dana yang dimiliki untuk membeli alat dan bahan dasar pembuatan kue sesuai resep kue yang ingin dipasarkan.
  2. Teknik pengemasan kue yang ingin dipasarkan ke kolega atau orang-orang disekitar Anda.
  3. Penentuan masa kadaluarsa roti kering apabila dilihat dari jenis bahan yang digunakan.
  4. Pola inovasi yang bisa diterapkan untuk kue kering yang Anda buat agar lebih menarik dimata konsumen, seperti inovasi warna, bentuk, dan rasa.
  5. Teknik pemasaran yang akan dilakukan, dimana jika Anda masih seorang pemula, Anda bisa mencoba memasarkan produk Anda melalui media sosial maupun website yang dibuat sendiri.
  6. Faktor resiko yang mungkin Anda hadapi selama memproduksi kue kering dan memikirkan bagaimana jalan keluar yang terbaik, misalnya saja untuk mengatasi masalah proses pengiriman yang lambat apabila pesanan kue berasal dari luar kota, masalah listrik yang sering padam saat pembuatan kue, dan masalah lainnya.

Bisnis les privat

Membuka les privat termasuk jenis usaha modal kecil yang bisa dipraktekkan di rumah. Selain waktu yang fleksibel, bisnis semacam ini hanya membutuhkan kepintaran Anda dalam dunia akademik. Namun demikian, pada saat ingin membuka bisnis ini, ada satu pemahaman yang harus Anda pikirkan, dimana seorang guru les umumnya akan dianggap jauh lebih pintar daripada guru sekolah biasa. Disinilah muncul ekspektasi yang cukup tinggi, dimana Anda sebagai guru les privat harus bisa membantu semua kesulitan yang dihadapi murid Anda. Untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang menggunakan jasa Anda, ada baiknya Anda melakukan beragam upaya berikut.

  1. Menguasai beberapa bidang ilmu sekaligus sesuai jenjang pendidikan yang Anda mampu, seperti jenjang SD, SMP, atau SMA.
  2. Memiliki inovasi dalam metode pengerjaan soal yang lebih singkat dan rasional, tentunya dengan jawaban yang pasti benar.
  3. Menyiapkan buku panduan selain buku yang ada disekolah untuk menambah pengetahuan dan membuka pola pikir siswa yang Anda didik.
  4. Membangun suasana belajar yang lebih menyenangkan daripada di sekolah, sehingga siswa yang belajar privat merasa lebih aman dan nyaman saat belajar.
  5. Menciptakan komunikasi dua arah yang membuat orangtua siswa kelas privat mengetahui kekurangan akademis yang dialami putra putri mereka dan membuat para orangtua mampu membantu melakukan pengawasan setelah pembelajaran sekolah maupun pembelajaran bersama Anda usai.

Bisnis peternakan

Satu lagi peluang usaha sampingan yang bisa Anda rintis dirumah, yaitu bisnis peternakan. Anda bisa memilih usaha peternakan yang ingin dikembangkan, seperti peternakan ayam, ikan, bebek, kambing, atau hewan lainnya. Untuk bisa menerapkan bisnis ukm yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari.

  1. Luas area yang akan digunakan untuk memulai usaha peternakan dan modal yang dibutuhkan untuk persiapan.
  2. Upaya vaksinasi yang bisa dilakukan untuk menghindarkan hewan ternak dari serangan penyakit berbahaya.
  3. Jumlah bibit ternak yang ingin Anda beli diawal untuk dikembangkan.
  4. Tujuan Anda melakukan bisnis peternakan, seperti menjual hewan ternak dewasa atau menjual daging hasil ternak.
  5. Bergabung dengan kelompok peternak untuk mengetahui strategi untuk pemasaran hewan ternak, dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi selama proses beternak.

Bisnis reseller atau dropship

Menjadi seorang reseller atau dropshipper produk apapun termasuk salah satu peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda jalani di rumah. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk produk fashion wanita dewasa, fasshion anak, obat herbal, atau produk lainnya dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Minat pangsa pasar yang ada di sekitar Anda. sebagai contoh saat kebanyakan orang yang tinggal di lingkungan Anda adalah wanita, maka Anda bisa mencoba menjadi reseller pakaian khusus wanita.
  2. Jenis produk yang akan direseller dan jumlah minimal transaksi yang disepakati dengan pihak produsen.
  3. Resiko barang yang tidak bisa terjual, dimana untuk hal ini Anda harus mendiskusikannya dengan pihak produsen.
  4. Syarat untuk bergabung dengan produsen barang sebagai reseller atau dropship.
  5. Sistem pembagian keuntungan yang diterapkan oleh pihak produsen setelah Anda berhasil menjual produk.

Bisnis kerajinan

Usaha yang menguntungkan lainnya adalah usaha kerajinan. Jika Anda tergolong orang yang kreatif dan senang memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar untuk diolah menjadi barang kerajinan, Anda bisa mengubah hobi Anda ini menjadi usaha yang menguntungkan. Anda bisa mengubah kain perca menjadi sarung bantal warna warni atau mengolah kertas bekas menjadi pigura. Namun demikian, saat Anda ingin memulai bisnis rumahan yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dan direncanakan dengan baik.

  1. Ketersediaan bahan yang akan diolah menjadi barang kerajinan dan tempat lain yang dapat dituju untuk memperoleh bahan kerajinan apabila bahn baku milik Anda sendiri habis.
  2. Metode inovasi yang bisa dilakukan sesuai keinginan pasar dan trend yang sedang berlangsung.
  3. Cara menjual dan memasarkan barang kerajinan. Jika Anda temasuk pemula di bidang ini, Anda bisa mengubah pemasarannya menjadi usaha online dengan promosi via media sosial, blog walking, atau website.

Bisnis tour dan travel

Satu lagi bisnis yang bisa dicoba di rumah, yaitu bisnis tour dan travel. Bisnis ini bisa dilakukan dengan menjual tiket perjalanan wisata, paket umroh, paket haji, atau paket wisata. Jika Anda belum memiliki modal cukup besar, Anda bisa bergabung dengan penyedia bisnis waralaba modal kecil di bidang yang sama. Umumnya dengan nilai deposit tertentu, Anda bisa ikut memasarkan tiket dengan menggunakan website replika yang terhubung ke website induk. Selain peluang bisnis di bidang ini masih cukup tinggi di Indonesia, bisnis ini juga minim resiko apabila Anda bergabung dengan agen travel yang kompeten dan berkualitas. Agar Anda bisa memasarkan produk tour dan travel dengan baik, umumnya Anda harus menerapkan beberapa hal, seperti:

  1. Memberikan penawaran promo yang berbeda dengan agen lain dan pelayanan cepat untuk pesanan yang dilakukan konsumen.
  2. Memiliki media sosial yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen maupun memasarkan produk dengan lebih menarik.
  3. Memiliki website yang berisi panduan tempat wisata di area tujuan para konsumen.

Demikianlah beberapa usaha yang menguntungkan yang bisa anda kerjakan walau hanya dirumah. Selamat mencoba…

 

No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten